French Boulangerie & Patisserie: makkkk, enyak bangetttt


Max Poilane, artisan boulangerie yang legendaris. Tokonya kecil tapi semuanya serba enak
Buat saya, kebahagiaan dunia itu identik dengan makanan enak. Cuma, saya nggak terlalu nge fan sama makanan perancis. Rasanya terlalu hambar, kurang nendang buat selera kita, dan kadang terlalu banyak krim pula. Walhasil, tiap malam saya sibuk masak (masakan asia pastinya) dan selalu bikin stok sambal terasi yang pedes di kulkas...


Tapi kalau sudah sampai urusan bikin roti dan kue, haaaa... hands down, orang perancis memang ahlinya!!! Di Paris, hampir di setiap pengkolan, selalu ada Boulangerie & Patisserie yang cute banget. Yang disebut boulangerie itu menjual roti, sedangkan patisserie menjual kue-kue (pastry). Cuma biasanya sih setiap boulangerie itu pasti juga patisserie, karena garing banget kan kalau cuma jualan roti... (dugaan saya nih, hehehe)

Nah, kualitas roti maupun kue-kue di Paris bener-bener oke banget. Nggak bisa sama sekali dibandingkan sama roti dan kue di manapun deh. Yang pertama, mereka memakai bahan yang berkualitas tinggi (di sini nggak ada istilahnya pakai margarin: semuanya 100% butter/ mentega). Yang kedua, stok nya selalu baru. Jadi, biar cuma boulangerie & patisserie kecil, semuanya enaaaaakk..... Nama-namanya pun cantik-cantik, misalnya:
- Paris-Brest, choux pastry yang diisi krim rasa praline
- Opera, layered cake cantik yang dilapisi buttercream kopi dan ditutup cokelat ganache
- Gâteau St. Honoré, waduh ini kompleks banget deskripsinya... pokoknya creamy and dreamy deh.

Antrian pagi hari di sebuah boulangerie-patisserie dekat metro Convention
Favorit saya sih lumayan simple: pain-au-chocolat. Dibacanya gini nih: pa-o-shokola (with style ya..!). Pain-au-chocolate ini simple aja, croissant yang berisi cokelat. Buat sarapan di pagi hari dengan secangkir cafe au lait, aduh makkkk, enyak bangetttt (ini kalo saya pas lagi nggak sarapan pake nasi gurih ya...)

Jadi kalau pas ke Paris, jangan lupa mampir di salah satu boulangerie & patisserie yah. Nggak perlu yang terkenal. Di sini kompetisi keras, kalau nggak enak udah tutup dari kemaren dulu deh.

No comments