Perpustakaan Bersejarah & Keren di Paris

Orang Perancis sangat menghargai kekayaan budaya dan sejarahnya. Sampai kadang-kadang, suka kelewat bangga dan cenderung sombong, hahaha...Tapi gimana lagi ya, yang namanya budaya dan tradisi intelektual itu memang sudah mengakar banget dalam budaya Perancis. Kalau kata adik saya sambil merutuk sebal campur kagum "Pantesan sombong, lha wong bagus banget begini" (huahahahah...)
Nggak heran kalau, di sini banyak sekali perpustakaan. Mulai dari perpustakaan kota yang modern dan minimalis, sampai perpustakaan bersejarah berusia ratusan tahun dengan koleksi antik dan arsitektur yang spektakuler, semuanya ada di Paris.
Kali ini, saya bagikan tiga perpustakaan bersejarah di Paris yang wajib dikunjungi para pecinta buku dan arsitektur.

1. Bibliothèque Mazarine



Perpustakaan ini adalah perpustakaan umum tertua di Perancis, dibangun oleh Kardinal Mazarin pada abad ke-17. Perpustakaan ini terletak dalam Palais de l'institut de France, sebuah organisasi legendaris yang bertugas menjaga kebudayaan Perancis.
Bukan cuma koleksi bukunya yang unik, tua, dan langka, namun arsitektur Bibliothèque Mazarine yang klasik juga membuat tempat ini wajib banget dikunjungi. 
Untuk masuk, tidak dikenakan biaya alias gratis tis tis, tapi dilarang memotret di dalam perpustakaan. Jangan berisik karena di tempat ini melengos pun kedengaran deh. Tempat ini cocok untuk belajar karena tenang dan damai serta vibe-nya itu loh, intelektual buangettt. Eh iya, wifi gratis dan colokan komputer juga ada. 
Untuk yang ingin meminjam buku, cukup mendaftarkan diri dengan ID card, langsung diberikan akses gratis selama 5 hari per tahun (selebihnya bayar!). Kita bisa memilih buku dari koleksinya yang luar biasa dengan katalog elektronik, selanjutnya para petugas yang akan memberikan bukunya di meja. Saya betah banget di sini karena semua petugasnya ramah-ramah dan helpful banget.

Alamat: 23 Quai de Conti, 75006 Paris
Jam buka: tiap hari kerja (Senin-Jumat) jam 10 pagi- 6 sore 

2. Bibliothèque Nationale de France site Richelieu

Namanya juga perpustakaan nasional, Bibliothèque Nationale de France (BNF) adalah perpustakaan Perancis terbesar dengan koleksi sekitar 40juta buku dan publikasi lain. Gila kan. Saking banyak koleksinya, BNF punya beberapa bangunan di kota Paris. Tapi, site Richelieu adalah bangunan BNF yang paling cantik dan bersejarah.
Sayangnya, akses meminjam buku hanya diperbolehkan untuk mahasiswa S2 ke atas atau yang sedang melakukan riset. Itu pun jurusannya tertentu, misal: Seni, Sejarah, dsb dan dibutuhkan dokumen untuk membuktikan. Jadi intinya, kalau cuma pingin kongkow-kongkow di sini, enggak bisa deh! Tapi syukurlah, pengunjung masih tetap diperbolehkan masuk ke dalam ruangan untuk sekedar mengagumi atau memotret arsitekturnya yang memang WOW banget!

Alamat: 58 Rue de Richelieu, 75002 Paris
Jam buka: tiap hari kecuali Minggu, jam 9 pagi- 8 malam 

3. Bibliothèque Sainte-Geneviève

Perpustakaan ini dulunya dimulai sebagai koleksi biara Sainte-Geneviève di abad ke-12. Sekarang, perpustakaan ini menjadi bagian dari Universitas Sorbonne, Paris Cité. Akses masuknya gratis, tapi harus mengisi formulir dulu. Lebih baik datang pagi-pagi, karena tempat terbatas sedangkan banyak mahasiswa yang ingin belajar di sini. Arsitekturnya? Hwahhh, lihat aja foto ini, terbengong kagum deh ngelihatnya!
Buat yang mau sekedar mengunjungi tanpa membaca buku, bisa datang antara jam 2 siang- 6 sore untuk kunjungan cepat 10 menit (saya belum pernah mencoba, sayang kan kalau nggak duduk menikmati suasana).

Alamat: 10 Place du Panthéon, 75005 Paris
Jam buka: tiap hari kecuali Minggu, jam 10 pagi- 10 malam



No comments