Street Fashion Guide: Pakai Baju Apa Waktu di Paris?




Paris memang kota yang romantis banget. Kebayang kan, gandengan sama si kesayangan di tepi Seine, sambil memandangi Eiffel. Oh, so in love...
Bzzzztttt.... kenyataannya, banyak teman yang datang ke Paris dan merutuk-rutuk. Gimana mau romantis kalau kedinginan terus? Atau malah salah kostum, pakai boots di tengah summer yang panas membara (summer terakhir, temperatur mencapai 37 C loh).

Ataaauuuu.... Saya sering nih ngelihat ibu-ibu dengan belanjaan Chanel dan Louis Vuitton, tapi style-nya ya ampuuun, bisa kena denda fashion police banget deh!
"You can buy expensive brand, but you can not buy taste & style!"

Nah, buat yang lagi planning mau ke Paris, di bawah ini saya siapin tips-nya. Yang penting, waktu jalan-jalan di Paris pakailah baju yang nyaman dan don't try too hard!

Glimpses at fashion wants to be more Parisian wherever she is...: 1- Cek perkiraan cuaca
Cuaca di Paris memang selalu naik turun. Sebelum pergi, lihat dulu kurang lebih bagaimana temperatur dan cuaca di Paris, misalnya lewat Accuweather.com atau website/aplikasi lainnya.
Paris biasanya nggak perlalu dingin seperti negeri Eropa utara, umumnya sewaktu musim dingin temperatur minimum hanya hingga -5 C.
Di musim dingin, akhir musim gugur atau awal musim semi, pilihlah jaket/ coat yang tebal. Gunakan stocking untuk melapisi di bawah celana supaya tetap hangat. Tidak perlu stocking khusus kok, yang penting untuk melapisi. Sediakan syal hangat (wool atau pashmina) selalu.
Di musim panas, Paris bisa panas banget lho. Kadang-kadang temperatur mencapai 40 C, walaupun cuma beberapa hari.
Nah... apapun musimnya, selalu siapkan payung! Bawalah payung kecil yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam tas, karena hujan di Paris bisa datang kapan saja.

New Balance Sneakers, leather jacket, Chanel Boy bag: 2- Gunakan sepatu yang nyaman
Pernah melihat film atau iklan dengan latar belakang Paris, di mana aktrisnya pakai sepatu hak stiletto tinggi yang cakep banget? Haahhhh itu bohong!!! Jangan sampai pengalaman indah jalan-jalanmu di Paris rusak karena kaki kesakitan!
Parisiens suka berjalan ke mana-mana, naik turun metro dan bis. Mereka hanya mau pakai sepatu yang nyaman. Tapi ingat, Pariesiens itu keren-keren banget, jadi mereka juga ogah kalau disuruh pakai tennis shoes kayak orang amerika.
Pilihan sepatu yang klasik di Paris, misalnya:
- Adidas Stan Smith (yang putih netral)
- New Balance 620
- Repetto Ballet shoes
- Repetto Richelieu
Masalah sepatu Repetto ini nanti saya buat artikel sendiri, karena saya cinta bangeeeeettttt!

3- Pilih warna netral
Pilihlah warna netral seperti abu-abu, hitam, coklat, dsb. Gunakan sedikit warna untuk aksen (misalnya syal warna-warni) dan sisanya netral.
Waktu late spring atau summer, baru pilih warna-warna yang lebih cerah ceria.

4- Tidak perlu make-up tebal
Marie from IYC http://intoyourcloset.blogspot.fr/2014/10/oh-boy.html: Saat di Paris, apalagi waktu dingin, yang paling penting adalah menggunakan pelembab. Maklum, cuaca bisa terlalu kering buat kulit tropis loh. Siapkan lipstik merah membara seperti MAC Ruby Woo, Chanel Pirate, atau NYX Pure Red!

5- Tas yang aman
Nggak perlu bawa Hermes Birkin atau Lady Dior berkeliling Paris. Dipandu dengan wajah asiamu, sama saja dengan menarik perhatian pencopet! Turis asia adalah sasaran utama penjahat di Paris, karena terkenal kaya dan suka membawa banyak uang tunai.
Jadi, cukup bawa tas kecil manis yang bisa ditutup rapat dan diisi syal, telpon genggam, serta lipstik (kalau saya, selalu punya coklat, hehehe). Bawa payung jika perlu. Siapkan uang tunai secukupnya dan kartu kredit, selipkan di saku yang sulit dijangkau orang lain. Jangan lupa, telepon dulu bank-mu sebelum bepergian, pastikan kartu kreditmu bisa dipakai di luar negeri! Nggak perlu bawa passport ke mana-mana, cukup fotokopinya saja beserta fotokopi visa. Pastikan dokumen-dokumen ini juga tersedia online, just in case!

Okelahhh, selamat jalan-jalan di Paris ya. Ping me, siapa tahu kita bisa ngopi bareng!

No comments